Bumdes Kotim: Keadaan dan Pelatihan yang Diperlukan

Bumdes Kotim, Sampit, Kalteng

Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Kabupaten Kotawaringin Timur merupakan bagian penting dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat desa. Saat ini, Bumdes di daerah tersebut menghadapi berbagai tantangan dan peluang. Salah satu kondisi yang dihadapi adalah tingkat partisipasi dan keberlanjutan usaha yang masih perlu ditingkatkan. Beberapa Bumdes mungkin mengalami kendala dalam manajemen keuangan, pemasaran produk, serta kurangnya akses terhadap sumber daya dan informasi yang dibutuhkan.

Ada beberapa Bumdes yang berjalan, beberapa lagi tidak aktif. Sementara sumbangan Bumdes untuk pendapatan asli desa (PADes) relatif sangat kecil. Bahkan masih banyak desa yang belum membentuk Bumdes. Beberapa faktor yang menyebabkan kinerja Bumdes demikian antara lain adalah berkenaan dengan pemilihan pengelola Bumdes, pemilihan jenis usaha, pengelolaan usaha, serta pelatihan dan pendampingan Bumdes yang belum optimal.

Untuk meningkatkan kinerja Bumdes di Kabupaten Kotawaringin Timur, diperlukan pelatihan yang sesuai untuk para pengelola dan anggota Bumdes. Materi pelatihan yang direkomendasikan meliputi pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel, strategi pemasaran yang efektif, serta pengembangan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Selain itu, pelatihan mengenai manajemen sumber daya manusia, tata kelola organisasi, dan teknologi informasi juga penting untuk diberikan kepada para pengelola Bumdes.

Dalam menjalankan pelatihan tersebut, perlu melibatkan berbagai pihak terkait seperti pemangku kepentingan lokal, lembaga pendukung pengembangan Bumdes, dan ahli terkait bidang tersebut. Kolaborasi antar Bumdes dalam bentuk pertukaran pengalaman dan pengetahuan juga dapat menjadi sarana yang efektif dalam meningkatkan kapasitas Bumdes di Kabupaten Kotawaringin Timur.

Penguatan Bumdes menjadi kunci dalam mendukung pembangunan ekonomi di tingkat desa serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan memberikan pelatihan yang sesuai dan mendukung sinergi antar Bumdes, diharapkan Bumdes di Kabupaten Kotawaringin Timur dapat menjadi motor penggerak ekonomi yang berkelanjutan dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat desa. Penguatan ini selain pelatihan yang lebih baik, perlu dilakukan pendampingan yang lebih intens, dan adanya political will dari pemangku kepentingan.

 

Baca Juga  Refleksi 69 Tahun Kotawaringin Timur

Nah…. Jika desa atau daerah Anda memerlukan pelatihan tentang Badan Usaha Milik Desa alias Bumdes atau Bumdesa. Sila menghubungi Kontak Kami. Dengan kompetensi dan pengalaman dari Borneo Development Centre, siap bekerjasama untuk pelatihan di level desa, kecamatan, atau pada jenjang yang lebih tinggi. Pelatihan dapat dilaksanakan secara inhouse training (di tempat peserta), atau di tempat lain yang diperlukan untuk mengdapatkan pelatihan yang efektif dan berkesan. Kami tunggu.

Author: norman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *