Pelatihan Karyawan Kalteng: Efektivitas dan Jumlah Maksimal Peserta dalam Kelas

Pelatihan Karyawan Kalteng, Sampit.

Pelatihan karyawan adalah salah satu aspek penting dalam pengembangan sumber daya manusia di setiap organisasi. Namun, untuk memastikan pelatihan memberikan hasil yang optimal, jumlah peserta dalam satu kelas menjadi pertimbangan krusial. Berapa jumlah maksimal peserta yang sebaiknya dilibatkan dalam satu sesi pelatihan? Diskusi ini telah menjadi subjek penelitian dan perdebatan dalam dunia manajemen sumber daya manusia.

Ada beberapa pertimbangan yang harus dipertimbangkan dalam menetapkan jumlah maksimal peserta pelatihan karyawan dalam satu kelas. Pertama-tama, adalah penting untuk memperhatikan konteks dan jenis pelatihan yang diselenggarakan. Pelatihan dengan fokus keterampilan praktis mungkin membutuhkan jumlah peserta yang lebih sedikit agar instruktur dapat memberikan perhatian yang cukup pada setiap peserta. Sebaliknya, pelatihan yang bersifat informatif atau pemahaman konseptual mungkin memungkinkan lebih banyak peserta dalam satu kelas.

Selanjutnya, keterlibatan peserta juga menjadi faktor kunci. Jumlah peserta yang terlalu besar dapat mengurangi interaksi antara peserta dan instruktur, sehingga membatasi kesempatan untuk tanya jawab dan diskusi. Hal ini dapat mengurangi efektivitas pembelajaran dan mempengaruhi retensi informasi yang disampaikan (active learning)

Selain itu, ukuran kelas juga harus disesuaikan dengan kemampuan instruktur. Instruktur yang memiliki pengalaman dan keterampilan yang kuat mungkin mampu mengelola kelas yang lebih besar, sementara instruktur yang kurang berpengalaman atau kurangnya dukungan staf mungkin memerlukan kelas yang lebih kecil untuk memberikan perhatian yang cukup pada setiap peserta.

Berbicara tentang angka, umumnya jumlah maksimal peserta dalam satu kelas pelatihan karyawan berkisar antara 10 hingga 30 peserta. Namun, pada kasus-kasus tertentu, jumlah peserta bisa lebih sedikit atau lebih banyak tergantung pada faktor-faktor kontekstual yang telah disebutkan sebelumnya.

Baca Juga  Shaum Ramadhan Sebagai Experiential Learning

Dalam menentukan jumlah maksimal peserta, manajer SDM perlu melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kebutuhan pelatihan, kemampuan instruktur, dan karakteristik peserta. Selain itu, evaluasi berkala terhadap efektivitas pelatihan dan umpan balik dari peserta dapat membantu dalam penyesuaian jumlah peserta di masa mendatang.

Dengan mempertimbangkan hal demikian, kegiatan pelatihan di Borneo Development Centre biasanya menetapkan jumlah peserta dalam satu kelas sebanyak 20 orang atau bahkan dalam kelas Public Speaking maksimal 15 orang. Hal ini untuk mendapatkan kelas yang efektif dan memberi kesempatan kepada peserta untuk mempraktekkan atau mensimulasikan apa yang didapatkan di kelas serta menginternalisasikannya ke dalam diri untuk dilaksanakan di keseharian pekerjaan.

Bagi kita, agak aneh dan tampak seperti pendekatan proyek, ketimbang pendekatan metodologi, jika ada kelas pelatihan yang pesertanya per kelas mencapai 100 orang atau bahkan lebih. Terutama pelatihan karyawan, termasuk juga pelatihan aparat pemerintah ataupun perangkat desa. Sehingga pelatihan yang demikian perlu dievaluasi atau diperbaiki lagi.

Dalam kesimpulan, menetapkan jumlah maksimal peserta dalam satu kelas pelatihan karyawan adalah keputusan penting yang memerlukan pertimbangan seksama terhadap berbagai faktor. Dengan memperhatikan konteks pelatihan, keterlibatan peserta, kemampuan instruktur, dan umpan balik dari peserta, organisasi dapat mengoptimalkan efektivitas pelatihan karyawan mereka untuk mencapai tujuan pengembangan sumber daya manusia yang diinginkan

Nah…. Jika organisasi Anda, perusahaan atau instansi pemerintah bermaksud mengadakan training atau pelatihan, khususnya berkenaan dengan komunikasi, kepemimpinan, atau manajemen (soft skill), sila menghubungi kontak kami. Layanan kami akan senang sekali bekerjasama dan saling dukung untuk kemajuan kita bersama. Tabe…

Author: norman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *