PUBLIC SPEAKING DAN PENGEMBANGAN KEPEMIMPINAN

Public Speaking, konon, menjadi momok yang menakutkan bagi banyak orang. Bahkan ada yang menganggap bahwa public speaking lebih menakutkan daripada kematian. Nah lo! Mungkin maksudnya secara bercanda ada yang mau bilang, “daripada disuruh ngomong di depan umum, gue milih mati aja deh!”. Wk wk wk wk wk… Meskipun kita tahu bahwa tersebut tidak sampai sebegitunya. Hehe hehe…

Kalau public speaking itu sulit, berarti punya nilai lebih. Paling tidak, public speaking mempunyai nilai khusus yang banyak manfaatnya. Dan kita melihat fakta, kenyataan bro. Bahwa tidak semua orang yang menguasai public speaking akan menjadi pemimpin hebat. Akan tetapi semua pemimpin hebat, pastilah menguasai public speaking. Mulai Bung Karno dan Mahatma Gandhi di jaman lampau, Barrack Obama dimasa yang agak kesini, hingga tokoh lain yang terkenal di masa kini.

Dan memang, public speaking termasuk penting dalam kepemimpinan, meskipun kita tahu, bukan satu-satunya faktor yang menjadikan seseorang menjadi pemimpin hebat. Dalam bahasa lain, jika seseorang ingin menjadi pemimpin, maka kemampuan public speaking diperlukan. Jangan lupa pakai bingit.. hehehe. Sebab apa, pemimpin harus punya kepercayaan diri dan membangun kepercayaan orang lain pada dirinya. Pemimpin harus mampu mempengaruhi orang lain, baik dengan tindakan maupun dengan kata-katanya.

Seorang pemimpin yang gugup dan gagap saat berbicara di depan umum akan menunjukkan ketidakyakinannya pada dirinya sendiri. Menunjukkan ketidakmampuannya menguasai suatu masalah. Yang sekaligus juga menunjukkan bahwa dia tidak dapat memutuskan dan mengambil resiko dari sebuah tindakan. Walaupun ada kata-kata bahwa “ngomong sih enak, bro”… justeru bucara di depan umum saja blepotan, apalah lagi mengambil tindakan yang menyangkut kepentingan umum. Begitu bro..!

Baca Juga  Dua Masalah Pede dalam Public Speaking

Maka tidak diragukan lagi bahwa public speaking sangat penting dalam pengembangan kepemimpinan seseorang. Baik di bidang kepemudaan, organisasi masyarakat, pengembangan kemasyarakatan, kegiatan perempuan, hingga dalam bidang politik,  karir di pemerintahan, termasuk pemerintahan desa. Sampai di organisasi bisnis.

Selain membangun kepercayaan diri, keberanian, kemampuan komunasi, dan juga memahami tentang diri sendiri dan orang lain, public speaking perlu dikuasai dalam rangka menyampaikan gagasan dan ide kepada orang lain, menyebarkan pengetahuan dan sikap, serta membangun kesepahaman. Demikian pentingnya menguasai public speaking maka tidak heran banyak orang yang berusaha menguasainya, baik secara otodidak maupun mengambil pelatihan atau training public speaking.

Banyak orang telah merasakan pembelajaran public speaking yang singkat namun full manfaat di Borneo Development Centre. Dimana hanya dalam dua hari dapat mengubah gugup menjadi pede, dan tahu strategi bagaimana menguasai materi dalam public speaking. Sekarang giliran Anda. Hubungi kontak kami untuk belajar public speaking yang efektif dan berkesan.  Ada beberapa paket yang dipilih sesuai kebutuhan Anda dan organisasi Anda.

Author: norman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *