CSR Kalteng : Praktek di Kotim dan Materi Pelatihannya

CSR Kalteng (Sampit, Kalteng)

Corporate Social Responsibility (CSR) telah menjadi bagian integral dari strategi pembangunan di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah. Seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan kesadaran akan tanggung jawab sosial perusahaan, program-program CSR telah mengalami perkembangan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Pemerintah daerah bersama-sama dengan perusahaan-perusahaan lokal dan multinasional telah aktif dalam menginisiasi dan mendukung berbagai program CSR di berbagai sektor. Beberapa fokus utama dalam program CSR di Kabupaten Kotawaringin Timur mencakup pendidikan, kesehatan, lingkungan, serta pengembangan ekonomi masyarakat lokal.

Salah satu contoh keberhasilan program CSR di Kabupaten Kotawaringin Timur adalah peningkatan akses pendidikan bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu. Perusahaan-perusahaan besar telah memberikan sumbangan dalam bentuk pembangunan infrastruktur sekolah, penyediaan perlengkapan pendidikan, dan beasiswa bagi siswa berprestasi namun kurang mampu secara finansial.

Selain itu, program CSR juga berperan dalam meningkatkan akses layanan kesehatan di wilayah ini. Dengan membangun dan mendukung fasilitas kesehatan seperti puskesmas dan rumah sakit, perusahaan-perusahaan berkontribusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Upaya untuk menjaga lingkungan juga menjadi fokus penting dalam program CSR. Penghijauan, pengelolaan sampah, dan program konservasi lingkungan telah dilakukan dengan dukungan dari berbagai pihak, termasuk perusahaan-perusahaan yang beroperasi di wilayah ini.

Sebagai lembaga pelatihan yang berkontribusi pada pembangunan daerah, Borneo Development Centre, menyediakan Pelatihan CSR dalam paket pelatihan “Integrasi CSR dan Pembangunan Desa” yang tujuannya adalah mensinergikan antara program CSR perusahaan dengan kegiatan pembangunan desa, sehingga berdampak nyata, akuntabel, dan berkelanjutan.

 

Materi pelatihannya dapat menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing wilayah, namun demikian secara garis besar adalah sebagai berikut:

  1. Pengenalan CSR
  • Definisi dan konsep dasar CSR.
  • Pentingnya CSR bagi perusahaan dan masyarakat.
  1. Strategi Implementasi CSR
  • Identifikasi kebutuhan masyarakat dan lingkungan.
  • Perencanaan program CSR yang efektif dan berkelanjutan.
  1. Bidang-bidang Program CSR
  2. Pendidikan:
  • Pembangunan infrastruktur pendidikan.
  • Penyediaan beasiswa dan bantuan pendidikan.
  1. Kesehatan:
  • Pembangunan dan dukungan fasilitas kesehatan.
  • Program kesehatan masyarakat.
  1. Lingkungan:
  • Pengelolaan sampah dan daur ulang.
  • Penghijauan dan pelestarian lingkungan.
  1. Integrasi CSR dan Pembangunan Desa
  • Perencanaan Pembangunan Desa
  • Peran CSR dalam Pembangunan Desa
  1. Pengukuran dan Evaluasi Program CSR
  • Indikator keberhasilan CSR.
  • Mekanisme evaluasi dan perbaikan.
  1. Studi Kasus
  • Tinjauan atas program CSR yang berhasil dilaksanakan di Kotawaringin Timur.
Baca Juga  Menerka Potensi Dana CSR di Kotim

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang konsep dan implementasi CSR yang efektif, serta memotivasi peserta untuk berperan aktif dalam membangun masyarakat yang lebih berkelanjutan dan berdaya saing.

Nah, jika perusahaan Anda ingin menajamkan program CSR-nya menjadi lebih efektif dan mencapai sasaran yang diharapkan silakan hubungi Kontak Kami. Pelatihan dapat dilaksanakan dengan inhouse training (pelatihan di tempat peserta) dengan melibatkan unit CSR Perusahan, aparat desa dan kecamatan, serta forum CSR. Sampai jumpa di pelatihan kita.

Tabe…..

Author: norman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *