Kewirausahaan Kotim: Materi BMC untuk UMKM Mentaya

Pelatuhan Kewirausahaan, Sampit, Kalteng

Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang penting dalam perekonomian kita. Mereka tidak hanya menciptakan lapangan kerja, tetapi juga menghasilkan produk dan jasa yang beragam. Namun, untuk dapat bertahan dan berkembang dalam dunia bisnis yang kompetitif, pelaku UMKM perlu memiliki pengetahuan dan keterampilan kewirausahaan yang memadai. Oleh karena itu, pelatihan kewirausahaan menjadi sangat penting bagi mereka. Salah satu alasan mengapa pelatihan kewirausahaan penting bagi pelaku UMKM adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang manajemen bisnis.

Banyak pelaku UMKM yang memiliki keterampilan dalam produksi produk atau pelayanan, tetapi kurang dalam hal mengelola bisnis secara efektif. Dengan pelatihan kewirausahaan, mereka dapat mempelajari hal-hal seperti perencanaan bisnis, manajemen keuangan, pemasaran, dan strategi pengembangan bisnis. Pengetahuan ini akan membantu mereka dalam mengelola bisnis mereka dengan lebih baik dan membuat keputusan yang lebih bijaksana. Selain itu, pelatihan kewirausahaan juga dapat membantu meningkatkan keterampilan berwirausaha pelaku UMKM.

Memahami kondisir demikian, UMKM Mentaya, sebuah organisasi para pelaku UMKM yang berada di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, menggandeng Borneo Development Centre, dalam sebuah kegiatan yang bertajuk : Pelatihan BMC dalam Perencanaan Bisnis UMKM. Acara ini dilaksanakan di Café Natura di Jalan Taman Siswa Sampit. Selain dihadiri oleh 100 orang lebih anggota UMKM Mentaya. Acara ini dibuka dan dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi  Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kotawaringin Timur, Dr. Zurhaidir, M.Si

Dalam pelatihan ini, pelaku UMKM diajarkan bagaimana mengidentifikasi peluang bisnis, mengembangkan ide-ide kreatif, dan mengelola risiko. Keterampilan ini penting agar pelaku UMKM dapat beradaptasi dengan perubahan pasar dan menciptakan inovasi dalam bisnis mereka. Dengan keterampilan berwirausaha yang baik, mereka dapat menghadapi tantangan yang ada dan memanfaatkan peluang yang muncul. Selain itu, pelatihan kewirausahaan juga dapat membantu meningkatkan jaringan dan koneksi pelaku UMKM.

Baca Juga  Ketika Kinerja Organisasi Menurun

Dalam pelatihan ini, mereka akan bertemu dengan pelaku bisnis lainnya, sehingga dapat bertukar informasi  dalam membantu mengembangkan bisnis mereka. Sedangkan BMC (Business Model Canvas) sendiri merupakan Sembilan langkah mudah dan sderhana dalam menyusun perencanaan bisnis yang telah diterapkan di banyak perusahaan. Cara ini banyak dipakai, termasuk di perusahaan besar bahkan,  sebab selain praktis, juga efektif dan komprehensif.

 

Author: norman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *